Minggu, 26 April 2020

PEMUDA INSPIRATIF BERKONTRIBUSI UNTUK NEGERI


PEMUDA INSPIRATIF BERKONTRIBUSI UNTUK NEGERI

Sebelum rilis tulisan ini Saya ada melakukan survey kecil. Terima kasih buat teman-teman yang bersedia berpartispasi dan memberikan respon. Ada banyak respon dan tokoh yang disampaikan. Meskipun tidak semua sesuai dengan kriteria yang dicari seperti batas usia, dan sebagainya.Tapi acungkan jempol dan terima kasih buat teman-teman. Insya Allah lain waktu dengan sesi berbeda, semoga bisa mengangkat tokoh yang disebutkan teman-teman. Oke lanjut ya. Tulisan ini saya mengulas tentang pemuda inspiratif. Seperti apa pemuda inspiratif? Silahkan dibaca!

Sumber Gambar: Google

Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran golongan tua dan golongan muda. Mereka berjuang dan berkontribusi untuk kemerdekaan negeri ini. Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia secara nasional berhasil diraih pada 17 Agustus 1945. Maka, setiap 17 Agustus kita selalu memperingati Hari Ulang Tahun NKRI berupa upacara ataupun perayaan baik dilembaga pemerintahan, swasta, ataupun masyarakat. Upacara dan perayaan yang diperingati setiap tahunnya diharapkan bukan hanya menjadi momentum sakral. Namun, mengingatkan dan menyadarkan diri kita terkait apa yang telah, sedang, dan akan dipersembahkan untuk bumi pertiwi?
Pemuda adalah tombak kemajuan suatu bangsa. Sebuah kutipan juga menunjukkan betapa kuatnya pemuda.
 “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” (Bung Karno). 
Soekarno atau yang dikenal Bung Karno begitu yakin akan perubahan besar yang bisa dilakukan oleh para pemuda. Lantas siapakah pemuda itu?  Menurut PBB, pemuda adalah mereka yang berusia 15-24 tahun. Pendapat berbeda juga disampaikan oleh Undang-undang tentang kepemudaan mendefinisikan pemuda sebagai ”warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun” (UU No.40 Tahun 2009, Pasal 1.1). Kemudian, disusul argumen menpora  menyatakan bahwa usia pemuda yakni 18-35 tahun.
Batas-batas kepemudaan juga memiliki kelas (2012: Vol.1 No.2).. Misal, laki-laki atau perempuan yang kelas menengah perkotaan berusia dua puluhan, lajang dan tinggal dengan orangtua,  menyelesaikan perguruan tinggi, dan belum memasuki dunia kerja profesional akan menganggap diri (dipandang sebagai) “pemuda”. Sedangkan laki-laki dan perempuan lain yang masih menginjak awal dua puluhan, sudah keluar atau putus sekolah pada usia 15 tahun maupun sebelumnya, sudah bekerja sebagai buruh atau pedagang pasar selama beberapa tahun, dan sudah menikah dikarunia anak dua atau tiga anak, akan menganggap diri mereka (dan dipandang sebagai) “dewasa” oleh masyarakat mereka.
Sumber Gambar: nalarpolitik.com

           
Tulisan ini penulis menyoroti dan mendefinisikan pemuda sebagai warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 18-35 tahun. Mereka yang mengetahui dan menyadari nilai-nilai mana yang salah dan benar. Mereka yang melintasi batas-batas pemisah seperti daerah, gender, kelas, etnis, pendidikan, dan lain sebagainya. Mereka adalah sosok pemuda yang senantiasa berpikir bagaimana kontribusi dan kebermanfaatan untuk bumi pertiwi.
            Pemuda sebagai garda terdepan untuk pembaharuan, pemuda sebagai pemimpin masa depan, pemuda sebagai pengawal kebijakan dan pelaksanaan. Konntribusi dan peran pemuda tentu sangat diharapkan untuk kemajuan dan kebangkitan. Kontribusi pemuda bisa dilakukan mulai dari masyarakat sekitar (lokal), nasional, maupun internasional. Pemuda banyak melakukan inovasi dan kontribusi diberbagai sektor. Baik sektor pendidikan, ekonomi, sosial, dan sebagainya.
.Beberapa pemuda yang bisa ditemukan yakni Belva Devara (Founder Ruang Guru), Gamal Albinsaid (Dokter dan Founder bank Sampah), Alween Ong (Founder Mowiee  Mobil), Dewa Eka Prayoga (Pengusaha), Dewi Nur Aisyah (bersama tim mengembangkan TB DeCare), dan lain-lain.  Tentunya masih ada banyak lagi para pemuda yang berkontribusi untuk negeri ini. Menurut kamu, siapakah sosok pemuda inspiratif itu? Bersiapkah kita melanjutkan estapet berkontribusi untuk Indonesia?



« Bersambung «

Teman-teman silahkan beri masukan siapa sosok pemuda inspiratif itu? Bagaimana kontribusinya? dan lain-lain.
Terima kasih.

24 komentar:

  1. Semoga pemuda-pemuda baik yg sudah disebutkan diatas dan pemuda lain bisa membangun Indonesia ke depannya menjadi lebih baik yaa

    Aamiin ya Rabb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah. Aamiin ya Rabb.
      Semangat pemuda ✊✊

      Hapus
  2. Selalu respek dengan pemuda yang produktif seperti itu, sumbangsih mereka luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Bener.
      Kita jadi terinspirasi lagi untuk bisa lebih produktif.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Insya Allah. Aamiin.
      Semangat para pendidik dan orang tua. Bersama menciptakan generasi Rabbani.

      Hapus
  4. Yang muda yang berkarya, suka banget dengan anak-anak muda yang produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Mantul.
      Golongan tua juga nggak mau kalah. Jiwanya juga masih tetap muda.

      Hapus
  5. Banyak sekali pemuda inspiratif, yang saya kenal sosok pemuda Aceh yg memfasilitasi sedekah dan membangun rumah bagi keluarga yg menbutuhkan. Tuhkan, kl ga salah sudah 36 rumah yg di bangun 🙏😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah.
      Siapa aja mereka bang?
      Boleh bagi info bang?

      Hapus
  6. semoga ke depannya saya dan teman2 milenial bisa melanjutkan perjuangan yg sudah dimulai ini. nyatanya banyak kok tokoh inspiratif yg nggak kebayang peduli sekali dgn negara 💚 surya sahetapy dgn keterbatasannya jg bs berkontribusi mengangkat hak2 para disabilitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. Insya Allah. Aamiin.
      Siapa aja tokoh yang kakak tau?
      Surya Sahetapy ya. Oke di save ya kak.
      Namanya masih baru dengar. Ntar coba ditelesuri.

      Hapus
  7. Eh kalo saya yang ditanya, saya suka sama dokter Gamal. Mewakili banget sosok anak muda yang dekat dengan agama, respect sama orangtua. Bermanfaat untuk umat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bener, kak.
      Beliau inspiratif banget ya. Bukan hanya baik dalam urusan dunia, Insya Allah akhiratnya juga baik.
      Bermanfaat untuk ummat.

      Hapus
    2. Saya juga suka sama dokter Gamal.
      Bbrp kali melihatnya di televisi, cara beliau menyampaikan pendapat itu dengan santun dan tidak menyalah nyalahkan org lain, spt pemudi yg menjadi teman interview beliau.

      Hapus
  8. Kalau adek sih kak. Pemuda yang inspiratif itu teman-teman adek sendiri. Meskipun belum terkenal, beberapa kontribusi mereka sudah cukup membuat adek itu turut termotivasi juga. Tapi kalau ditanya siapa yang paling membuat adek ngerasa berbinar itu adalah Andika Pratama mahasiswa USU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. Orang-orang di sekitar kita terkadang inspiratif buat kita. Bahkan hal luar biasa juga ditemui.
      Masya Allah. Andika Pratama ya? Kenapa begitu berbinar dengan dia?

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Waktu kuliah, saya mengenal sosok pengusaha muda yang begitu dikagumi oleh saya dan tmn2 mahasiswa lainnya. Kalau ada kegiatan2 berbau bakti sosial, beliau dengan senang hati memberikan sumbangan yg nilainya nggk main2. Usahanya ada di mana2, sering mengisi seminar wirausaha dan motivasi kepada anak2 muda tanpa meminta bayaran. Inspiratif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. Sungguh mulia sikapnya. Semoga kebaikan di an keberkahan selalu mengiringi langkahnya. Aamiin.
      Kalau boleh tau, siapa pemuda itu bang?

      Hapus
  11. Suka beud ama dokter Gamal ini, udahlah ganteng, smart, inspiratif, saleh lagi auto-berdoa lah mumpung Ramadan agr dpt menantu kaya beliau ini aamiin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat ririn mba mia?
      Kwkwkwkwkkw

      Kabooorrr

      Hapus
  12. Pemuda memang memiliki energi yang lebih dalam melakukan berbagai hal. Banyak sejarah bangsa ini dipelopori oleh pemuda

    BalasHapus
  13. Para pemuda hebat yang walaupun masih muda bisa berkontribusi banyak untuk masyarakat. Saya paling suka Gamal dan Belva. Inspiratif!!

    BalasHapus