Sabtu, 17 Agustus 2019

Panggung Merah-Putih


Selamat datang Agustus. Perjalananmu kini hampir usai.
Aroma merah putih mulai terasa, semakin jelas terlihat, dan sudah terlihat. Apalagi puncak acaranya adalah hari ini.  Yup, 17 Agustus adalah puncak perayaan.

Bagaimana perayaan di tempat kalian? Oh iya, Apakah kamu tahu ketentuan bendera merah-putih? Saya lampirkan ketentuan penggunaan bendera Sang Saka ya.



Bukan Sekedar Panggung Merah-Putih




Instansi pemerintah, swasta, sekolah, perkantoran, dll telah mempersiapkan menghias dengan ornamen merah putih. Penyedia ornamen, dan bahkan mereka yang membuka lapak di kaki lima juga kebanjiran orderan.

Hari ini baik organisasi, komunitas, instansi pemerintah-swasta, dll turut meramaikan perayaan 17-an.
Semua bernuansa merah-putih.

Apa arti merah-putih?
Bagaimana memaknai sebuah pengorbanan dan kemerdekaan?

Ornamen dan semua hal saat 17-an diharapkan bukan hanya panggung Merah-Putih. Bukan sekedar prevalensi semata. Namun, diharapkan bagaimana kecintaan akan NKRI bersemi yang ditunjukkan dengan ucapan dan perbuatan kita sebagai bangsa Indonesia. Terlebih diri sendiri.
Bambu-bambu runcing yang mengantarkan pada kemerdekaan bertunas di hati dan jiwa generasi mendatang. Aneka perlombaan (panjang pinang, tarik tambang, makan kerupuk, dll) merupakan salah satu cara memaknai sebuah perjuangan dan pengorbanan. Note: pilih perlombaan dan kegiatan yang bermanfaat dan positif.

SDM Unggul, Indonesia Maju




Memasuki periode kedua pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menetapkan program utamanya untuk melanjutkan program pembangunan di periode pertamanya, yakni “SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul, Indonesia Maju”. Penegasan itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) dengan tema "SDM Unggul, Indonesia Maju", yang berlangsung di Ruang Rapat Benny S. Mulyana, Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Kepala Staf Kepresidenan menjelaskan “SDM Unggul, Indonesian Maju” adalah Indonesia yang tidak ada satu pun rakyatnya tertinggal untuk meraih cita-citanya; Indonesia yang demokratis, yang hasilnya dinikmati oleh seluruh rakyat. “Indonesia yang setiap warga negaranya memiliki hak yang sama di depan hukum; Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi kelas dunia; dan Indonesia yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa dan negara dalam dunia yang semakin kompetitif,” jelas Moeldoko.

Berdasarkan penyampaian tersebut diharapkan ke depannya terciptanya  SDM Unggul, Indonesia Maju.
Perayaan hari ini diharapkan bukan sekedar ritual. Namun, bagaimana bentuk penghargaan kita. Bagaimana langkah kita untuk mengisi kemerdekaan. Bagaimana strategi kita menyambung estafet para pahlawan terdahulu. Sudah siapkah kita?

Referensi
ksp.go.id
Instyle.id
Kompas.com

33 komentar:


  1. Semoga cita2 pemimpin periode ini benar2 serius untuk dapat mewujudkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Insya Allah semoga ya kak.
      Bukan hanya sekedar cita-cita.

      Hapus
  2. Semoga Indonesia semakin berkeadilan

    BalasHapus
  3. awak tertarik ama infografis bendera merah putih itu. adakah yang ukurannya lebih besar? kurang jelas kelihatan. baru ngeh kalo ternyata ada standarnya ya. dan untuk yang gak mampu ternyata bisa minta ke pemerintah setempat. banyak yang gak tau, termasuk saya. makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata setelah di kirim gambarnya gak jelas ya.
      Kalau mau di kirim via email atau WA bisa kak.

      Iya kak. Terimakasih kembali.

      Hapus
    2. Gambarnya di klik jelas kok kak.
      Tapi kalau langsung di zoom baru kabur.

      Hapus
  4. hanya ingin kalau di ulang tahun ke 74 ini, indonesia akan jaya, akan makmur, akan sejahtera dan akan benar-benar merdeka dari masalah korupsi yang memiskinkan bangsa. aamiin

    BalasHapus
  5. Mudah2an bukan cuma tagline aja ye kan.
    awak pun seneng kalo liat ekonomi maju..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye Mak. Semoga aje.
      Kita doakan bersama ye Mak.

      Hapus
  6. Bagus nih utk mengingatkan anak bangsa tentang informasi benderanya. Tfs ya Weni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Terimakasih kembali. Semoga bisa saling berbagi informasi.

      Hapus
    2. Iya kak. Terimakasih kembali. Semoga bisa saling berbagi informasi.

      Hapus
  7. Saya baru tahu ternyata ada aturan yang mengatakan bahwa pemerintah daerah memberikan bendera bagi yang tidak mampu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Iya pak. Banyak yang belum tahu. Saya juga baru tahu.

      Hapus
  8. Tagline yang bagus,semoga benar2 memotivasi makin bertumbuhnya SDM yg unggul, di fasilitasi dan didukung 100% oleh pemerintah agar tercipta negara Indonesia yg maju #iniharapanrakyat dan harapan saya juga, Dirgahayu Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Semoga saja terbentuknya SDM Unggul, Indonesia maju. Sesuai tagline periode sekarang.
      Pemerintah dan aparat yang amanah.
      Aamiin

      Jaya negeriku.

      Hapus
  9. New information for me. Masih terasa banget nuansa 17 agustus setalah membaca ini 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih telah berkunjung.

      Semangat'45 nya berarti masih membara juga ya. ✊ 😅😁

      Hapus
  10. Alhamdulillah.
    Terimakasih telah berkunjung dan menjelajah. 😊

    BalasHapus
  11. Tempat kami gak ada lah kayak gini Wen. #hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada perayaan gitu ya kak? Di mana sekarang kak tinggal?

      Hapus
  12. Semoga saja pemerintahan benar-benar bisa berjuang demi rakyat.

    BalasHapus
  13. Tagline nya keliatan dimana-mana ini. SDM Unggul, Indonesia Maju. Semoga peningkatan SDM Indonesia dapat terealisasi untuk mengurangi impor tenaga kerja dari luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.

      Mari kita doakan dan perjuangkan bersama, kak. Dukung kebijakan yang baik, dan kritisi yang kurang baik. ✊✊

      Hapus
  14. Ooh pantas tagline itu ada di setiap foto kemerdekaan yang bersiweralan ternyata bagian dari cita cita pemerintahan baru.
    Semoga terwujud ya, yang bener mencintai Indonesia bukan hanya mementingkan diri sendiri macam para koruptor 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Beda pemimpin beda cita-cita nya. Periode ini mengusung SDM Unggul.

      Aamiin. Insya Allah ya kak. Mari kita berantas tidak KKN. Mari kita mulai dari diri sendiri, Keluarga, masyarakat, bangsa, dan dunia.

      Masya Allah. Takbir. ✊
      Allahu Akbar ✊✊✨

      Hapus
  15. Sdm Unggul,Indonesia Maju. Mungkin bukan hanya tugas pemerintah namun masyarakatnya juga harus ikut andil agar tagline tersebut bisa terwujud. Semoga pemerintah juga harus komit dengan taglinenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, bang. Bukan hanya tugas pemerintah. Tugas kita sebagai bagian dari individu, masyarakat, dan bangsa.

      Bahas komitmen inilah ya bg. Awak sedikit agak gimana gitu. Secara pribadi aja komitmen untuk nulis aja masih naik-turun. Tapi ya tetap berusaha juga sih. Hehe.Konon apalagi..apalagi...

      Tapi jika ucapan adalah doa. Maka awak doakan semoga saya, kita, mereka, dan pemimpin adalah orang-orang yang komitmen. Komitmen untuk melakukan hal-hal yang terbaik, komitmen untuk perubahan positif.

      Hapus
  16. Dimulai dengan mengajarkan anak tentang spirit Indonesia sejak dini.. dirgahayu 74 Indonesiaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, kak.
      Penting banget itu. Apalagi kelak mereka yang akan menjadi pemimpin negeri ini.

      Dirgahayu Indonesia ✨✨✊❣️

      Hapus