Sabtu, 15 Desember 2018

Jurus Jitu Lulus PTN


Masuk PTN adalah mimpi semua orang. Terlebih jika itu PTN favorit. Berdasarkan data forlap.ristekdikti.com (2018) Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi yakni 583 universitas, 2536 sekolah tinggi, 221 institut, 279 politeknik, 1063 akademi. Senja pelangi akan membagikan tips, jurus jitu lulus perguruan tinggi. Nah, simak baik-baik ya teman.

1. Sharing and Searching
Penting teman-teman untuk sharing and searching. Diskusi dan mencari informasi dari berbagai sumber. Baik dari teman, keluarga, orang-orang dikenal, membaca buku maupun blog. Hal tersebut akan bermanfaat sebagai bekal/persiapan. Cari informasi terkait kampus, jurusan, maupun program studi. Pilih kampus dengan akreditasi terbaik. Pilih jurusan maupun program studi yang sesuai minat, bakat, maupun peluang masa depan. Jangan sampai salah pilih. Ntar masih baru, ehh berasa gak nyaman dengan jurusan yang dipilih. 

2. Restu Orangtua
Setelah mencari informasi maka minta restu orangtua. Jika mereka setuju maka lanjutkan ke tahap selanjutnya. Namun, jika ada penolakan dari orangtua tugas selanjutnya adalah menanyakan alasan penolakan dan pilih option yang lain.
Ridho Allah ada pada ridho orangtua, murka Alla ada pada murka orangtua. So, jangan gara-gara untuk masuk perguruan tinggi berdampak negatif orangtua dan anak berantem ya. It’s not okey
  
3. Optimis dan Ikhtiar
Optimis dan ikhtiar itu penting. Jangan hanya optimis doang. Tapi perlu ada ikhtiar, sahabat. Yakin dan berusaha semua akan tercapai. Silahkan teman-teman pilih dan tentukan. Ikhtiar apa yang hendak dilakukan. Bisa jadi ikut les persiapan masuk PTN,  belajar kelompok, persiapan belajar rutin, atau rutin sedekah. Yups, langkah-langkah yang kita pilih adalah langkah terbaik. Lakukan hal rutin yang dilakukan secara konsisten maka memberi dampak yang luar biasa.

4. Keluar Zona Nyaman
Teman-teman harus berani keluar dari zona nyaman. Kebiasaan-kebiasaan buruk harus segera mungkin untuk diminimalisir. Jika meniadakan berasa cukup berat. Ibarat mengangkat gunung. Maka teman-teman coba untuk meminimalisir. Membiasakan hal-hal baik. Kebiasaan baik akan menarik rezeki. Mulailah keluar dari zona nyaman.

Sahabat pelangi senja. Itu tadi ya jurus jitu untuk lulus PTN. Selamat untuk mencoba. Semoga sahabat lulus di PTN favorit. Aamiin.




6 komentar:

  1. Restu orangtua emang paling penting. Terus harus belajar juga ya... Biar lulus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak. Harus belajar.
      Jika tipikal malas belajar. Maka keluarlah dari zona nyaman. Mualai melakukan pembiasaan positif.

      Hapus
  2. Alhamdulillah dah lulus... makasi ya triknya

    BalasHapus